Wajib Tahu!! “Sakit Gigi” Tak Payah Makan Ubat, Cukup Urut Dekat Titik Ini Saja, Dijamin Lega Dalam 5 Minit!

Untung sudah tau sekarang!

Sakit gigi di tengah malam adalah hal yang mengerikan. Kadang sakitnya sampai tak bisa tidur. Kebanyakan orang yang tidak tahan dengan sakitnya memilih meneguk obat anti-inflamasi untuk menghentikan rasa sakit. Tapi sebenarnya, cara ini kurang tepat!

Akar gigi kita sangatlah halus. Obat anti-inflamasi yang kita minum sebagian besarnya diserap oleh tubuh, hanya sebagian kecil yang bisa melalui aliran darah masuk ke dalam jaringan pulpa gigi.

Cara yang paling cepat dan efektif adalah dengan cara menyuntikkan obat ke dalam rongga gigi, tapi ini hanya bisa dilakukan di klinik. Namun, ini adalah cara yang paling tepat menurunkan radang dan infeksi. Di tengah-tengah gigi kita terdapat rongga kecil, di dalamnya ada pembuluh darah, saraf, sel dan jaringan pulpa. Pada saat sakit gigi, radang menyebabkan sekitar gigi merah-merah, bengkak, panas dan nyeri. Suntikan obat baru bisa mencapai sumber radangnya.

Seiring bertambahnya umur, gigi juga akan semakin rapuh, terutama usia 50 tahun ke atas. Baik tua maupun muda, sebaiknya mengunyah makanan yang terlalu keras seperti tulang, kepiting, kerang, kacang-kacangan dan makanan keras lainnya agar tidak menimbulkan retak pada gigi.

Kalau gigi berlubang atau goyang, sakit saat mengunyah atau gusi membengkak, sebaiknya segera periksa ke dokter. Makan obat sakit gigi saja tidak akan mengatasi masalah, yang ada malah tambah parah bila tidak segera ditangani!

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan tanpa meneguk obat penahan sakit:

1. Tekan dan pijat-pijat titik di antar jempol dan telunjuk sampai sakitnya mereda.

Titik ini dinamakan titik hoku. Selain dapat menyembuhkan sakit gigi, memijat titik ini juga dapat menyembuhkan sakit kepala dan sakit leher.

2. Jika gigi terasa panas dan pedih, tekan dengan ais pada pipi atau bagian wajah yang sakit.

3. Kumur-kumur dengan air garam juga sudah terbukti mengurangi rasa sakit. Garam bisa membantu menetralisir asam laktat yang muncul karena gula makanan dan memperlambat proses pembusukan secara signifikan. Air garam yang hangat juga bisa membantu meredakan jaringan yang radang.

Jangan biasakan minum obat penawar sakit saat sakit gigi, bukan hanya tidak berguna tapi juga menimbulkan efek kebal bila sering dikonsumsi!

Semoga bermanfaat!

Sumber: kehidupansatupersinggahan.blogspot.my

Ini Cara Meredakan Sakit Gigi Yang Ampuh

Meskipun kecil, gigi yang sakit bisa sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Jangan hanya meringis atau bahkan menangis, segeralah lakukan cara meredakan sakit gigi yang ampuh.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beragam hal. Dan sakitnya pun tidak hanya pada bagian gigi, tapi juga bisa terasa hingga ke gusi. Cara meredakan sakit gigi tidak melulu harus menggunakan obat-obatan yang dijual di toko obat. Ada beberapa cara yang cukup mudah dan dapat Anda dapatkan di dapur. Mulai dari rempah-rempah hingga bumbu masakan.

ini cara meredakan sakit gigi yang ampuh – alodokter

Berikut ini adalah beberapa cara meredakan sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di dapur.

Berkumur dengan Air Garam

Cara pertama mengatasi sakit gigi dengan mudah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Anda juga dapat menggunakan benang gigi (dental floss) dalam membersihkan makanan yang menempel di gigi yang sakit. Cukup dengan mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian kumur-kumur selama beberapa detik, lalu buang.

Minyak Cengkeh

Jenis rempah-rempah yang satu ini ternyata juga dapat digunakan sebagai cara meredakan sakit gigi. Caranya adalah dengan menempelkan minyak cengkeh ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas (cotton ball) kemudian gigit supaya tetap ditempat yang sakit. Anda dapat membeli minyak cengkeh di toko makanan sehat dan apotik. Tapi, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya dengan mencampurkan 10 batang cengkeh dengan minyak zaitun ke dalam botol kaca 30 ml. Kemudian diamkan selama sekitar dua minggu Di dalam minyak cengkeh terdapat bahan kimia eugenol yang berperan sebagai antibakteri dan anastesi. Sehingga, minyak cengkeh ini dipercaya dapat meredakan sakit gigi.

Kompres dengan Menggunakan Es

Sebelum efek obat sakit gigi Anda mulai bekerja menghilangkan rasa sakit gigi, Anda bisa menggunakan kompres es. Caranya adalah dengan melapisi batu es dengan handuk, kemudian tempelkan ke bagian pipi Anda yang dekat dengan gigi yang sakit.

Kunyah Bawang Putih

Cara meredakan sakit gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Caranya adalah dengan mengupas satu siung bawang putih terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua. Kemudian, letakkan di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih tersebut.
Selain dengan menggunakan beberapa bahan di atas, cara meredakan sakit gigi lainnya dapat dilakukan dengan meletakkan kantung teh celup hangat ke bagian gigi yang sakit. Disarankan membersihkan juga gigi secara rutin agar tidak ada bakteri yang menumpuk dan membuat gigi bertambah sakit.

Jangan biarkan sakit gigi mengganggu aktivitas Anda. Segera lakukan beberapa cara meredakan sakit gigi di atas jika Anda belum bisa berkonsultasi dengan dokter atau belum membeli obat. Jika sakit gigi bertambah parah, segera konsultasikan kepada dokter gigi Anda.

Add Comment

twelve − 1 =